Selasa, 27 Juli 2010

Pembangunan Waduk Lau Simeme Deli Serdang Rp 900 M-Rp 1 T Terus Dimatangkan

Medan (SIB)
Pembangunan waduk atau bendung Lau Simeme di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) yang diproyeksikan untuk pengamanan siklus banjir 40 tahunan di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) hingga kini terus dimatangkan.

Megaproyek seluas 200 hektare dengan estimasi (perkiraan) dana senilai antara Rp900 miliar hingga Rp1 triliun itu diakui Dirjen Pengairan Departemen Pekerjaan Umum Ir Iwan Nursyirwan Dipl HE sudah selesai pembuatan detail design (DD)-nya, dan kini dalam proses pematangan rancangan.
“Jadi, proyek Lau Simeme untuk dijadikan waduk itu sedang proses pematangan. Antara lain, kita akan melihat tingkat keamanan waduknya, dan hal-hal teknis lainnya,” ucap Iwan didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) II Sumut Ir Sulani Sulastri Siregar usai bertemu Gubsu H Syamsul Arifin SE di Gubernuran Medan, Selasa (24/2).

Menurut Iwan, progres pematangan rancangan waduk Lau Simeme juga yang pendanaannya sudah dimasukkan dalam Blue Book Bappenas, akan dicari dari pinjaman luar negeri (Loan).
Sedangkan progres pembebasan lahannya, Iwan mengaku akan dilakukan secara patungan (sharing) antara Departemen PU, Pemprov Sumut dan Kabupaten Deli Serdang. “Skema pendanaan pembebasan lahanya memang belum dibicarkan lebih rinci, tapi kira-kira separuhnya akan ditanggung Departemen PU,” tukas Iwan.
Sebelumnya, Kapala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut Ir Lauren Gultom menjelaskan, setelah pembangunan rampung, maka Waduk Lau Simeme mampu menampung air (reserpoar) hingga 33 juta meter kubik, dengan elevasi (ketinggian) air 253 meter di atas permukaan laut (DPL), dan tinggi waduk mencapai 73 meter dari dasar Lau Simeme.

Menurut analisa Lauren, kehadiran Waduk Lau Simeme itu mampu menyelamatkan Kota Medan dan warganya bersama warga Kota Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) dari ancaman siklus banjir 40 tahunan. Bahkan, kehadiran waduk ini juga mampu memperpanjang ketersediaan air PAM (air baku) bagi jutaan warga ibukota Sumut ini bersama warga kota lain disekitarnya, menyusul ancaman krisis air baku pada 2010 yang segera dialami Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi.

“Pembangunan W aduk Lau Simeme itu bukan hanya menyelematkan Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang dari siklus banjir 40 tahunan, dan menambah ketersediaan air baku PDAM Tirtanadi sebesar 3.700 liter per detik, tetapi juga memberikan jaminan pasokan air untuk jaringan irigasi sawah seluas 3.200 Hektare (Ha) di Desa Bandar Sibodas, Kabupaten Deli Serdang,” tukasnya.

Diakui, pembangunan Waduk Lau Simeme memang dirancang sebagai waduk serbaguna. Karena waduk ini juga mampu menghasilkan listrik mini hydro berkapasitas 2,8 Mega Watt (MW). (M35/m)
Sumber: hariansib.com

3 komentar:

sahatsimbolon mengatakan...

Bravo Medan....' Dengan melihat kejadian ada pastas dan sudah saatnya kota Medan segera berbenah diri untuk segera tanggap, untuk mengantisipasi banjir Tahunan, kekurangan pasokan air minum, kurangnya supply air untuk irigasi kpertanian untu desa sentis bardarsidoras, yang lebih parah lagi kurangnya supply arus listrik ke sumatera utara, Nah dengan adanya rencana pembangunan Lau Simeme Dam (Project Multi Propose), agar segera direalisasikan oleh para aparat pemerintah, dan segera melobi pemerintah pusat agar tidak menunggu sampai terjadi kasus yang kita tidak inginkan. Demikianlah saran kami, pecinta kota medan, lebih bagus kita mengerjakan sekarang ketimbang setelah kejadian,.......Thanks you for Gpverment Sumatera Utara......Bravo Medan

Robinson Sihotang mengatakan...

Kepada para pengambil keputusan, untuk proyek lau simeme agar sudi kiranya merealisasikannya dengan segera (ASAP). Karena dgn adanya mega proyek spt ini akan menciptakan kota medan dan kab.akan terimbas sendiri mamfaatnya. Nah kepada Bappenas tolong realisasikan pembangunan tsb agar kota kami terhindar dari banjir,dan sebagainya. Begitu dengan seluruh masyarakat sumatera utara mari bersama-sama segera memperjuangkan terciptanya pembangunan waduk ini yang sangat mempunyai mamfaat sangat besar buat kota kita kota Medan dan kabupaten kabupaten. Salam ..................

Y.S. Siregar mengatakan...

Kesampingan kepentingan pribadi untuk proyek lau simeme ini, agar proyek percepatan Bendungan Lau simeme terlaksana.....