Senin, 22 November 2010

Peresmian Kantor Baru CU Karya Bersama Delitua

CU Karya Bersama Dalam Kurun 8 Tahun Capai Aset Rp11 Miliar
Medan (SIB)
Koperasi Kredit (Kopdit) Credit Union (CU) di Sumut telah eksis selama 40 tahun dan telah memiliki 61 unit dengan anggota sebanyak 250 ribu serta aset mencapai Rp 1 triliun. Hal itu disampaikan Ketua Pusat Kopdit CU Sumut, Drs PM Sitanggang dalam sambutannya pada peresmian Kantor Baru Kopdit CU Karya Bersama Delitua, Sabtu (20/11) di Lapangan Bola Sukamaju Jalan Sibiru-biru Delitua Timur.
Usaha yang diawali dengan situasi yang begitu sulit dana bahkan dalam 10 tahun pertama selalu menghadapi kegagalan mampu bertahan dan mengembangkan usaha dengan berpegang pada ciri khas sebagai kumpulan orang-orang yang merasa bisa maju dengan mengedepankan swadaya, solidaritas dan selalu disadarkan melalui pendidikan.
Dalam sambutannya PM Sitanggang yang pernah mendapatkan Bintang Satya Lencana Pembangunan dari Presiden mengatakan, CU bukan hanya membutuhkan uang akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana sama-sama memikirkan untuk bisa maju.
CU bukan dikembangkan hanya melalui pikiran melainkan menyentuh setiap anggota melalui hati sehingga setiap anggota mau untuk maju yang diawali dengan modal kecil tapi punya tekad dalam menjalin kebersamaan serta mau belajar.
Dikisahkannya bahwa CU di Sumut diawali 40 tahun lalu dengan modal awal hanya Rp 200,- dan dalam perjalan waktu telah berkembang sangat luas.
Kehadiran CU Karya Bersama Delitua yang didirikan tahun 2002 lalu dengan Badan Hukum 518.303/46/BH/KUK/2004 cukup signifikan karena waktu 8 tahun telah memiliki anggota 6 ribu orang dan dengan aset sebanyak Rp 11 miliar.
CU yang dipimpin Ketua Dewan Pengurus Dra Norma Tamba didampingi Bahagia Ginting (Wakil Ketua), Pasang Tarigan (Sekretaris), Runsi Marbun SPd (Bendahara), Riswan Sitepu (Anggota), Ketua Badan Pengawas Perlindungan Br Sembiring, Alemina Pinem (Sekretaris) dan Ngurus Barus (Anggota) kini sudah mampu mendirikan kantor berlantai III di Jalan Besar Delitua.
Drs Norma Tamba dalam sambutannya bahwa CU yang dikelolanya berkembang tidak terlepas dari dorongan dari Pastor Antonio Murru OFM Conv yang selalu memberikan sumbangsih pemikiran agar CU dikembangkan dengan mengajak anggota khusus masyarakat kecil tanpa memandang perbedaan baik suku, ras dan agama tapi mengandalkan persaudaraan dan silaturahmi.
Pada saat peresmian Norma Tamba yang juga Kepala Sekolah Budi Murni 1 Medan melibatkan murid-muridnya, khususnya kelompok paduan suara yang sudah meraih berbagai prestasi di Kota Medan . Paduan Suara SMP Katolik Budi Murni I Medan itu dihadirkan untuk memberikan hiburan dan membawakan Mars Credit Union.
Perwakilan anggota R Marbun dalam sambutannya mengatakan bahwa anggota sudah merasakan sentuhan CU yang dapat menggerakkan perekonomian di desa-desa. Berkat kehadiran CU Karya Bersama tidak sulit lagi mendapatkan pinjaman untuk modal usaha. Hal yang sama disampaikan Kepala Sekolah YPK Budi Murni, P Sihombing, Tokoh Masyarakat Rosalina Saragih, Lurah Delitua Timur.
Pastor Antonio Murru yang merupakan penasehat yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, CU Karya Bersama tidak berhenti hanya pada simpan pinjam tapi harus dikembangkan melalui karya sosial dengan melayani masyarakat kecil dengan mengembangkan berbagai potensi.
Pada acara peresmian kantor yang dihibur Erpado Trio pimpinan Alasan Tampubolon dengan Personil Rady Saragih, Harmona Sihotang, Erik Sihombing Key board Abdi Sihotang dihadiri oleh CU di jajaran Sumut antara lain Cinta Kasih Medan, Sondang Nauli, Karya Murni Medan, Rukun Damai Medan HM Joni, CU Horas Tebing Tinggi, CU Satolop Taput, Karya Bakti Siantar, Damai Sejahtera, Harapan Kita Belawan.
Kadis Koperasi Sumut Ir Jhoni Pasaribu MAP yang diwakili Mardiana Sebayang mengatakan, Koperasi Kredit CU dinilai sudah mandiri baik permodalan maupun pengelolaan dan tidak hanya memandirikan koperasi tapi juga memandirikan anggota dari sisi ekonomi anggota. Diakuinya bahwa kelebihan dari CU karena mengedepankan pendidikan, dan berbasis anggota.
Kemandirian CU telah menjadikan CU menjadi contoh perkoperasian di Sumut dan salah satu CU di Tebing Tinggi dalam waktu dekat akan diajukan menjadi Koperasi Skala Besar. Diharapkan CU dapat menunjukkan eksistensi di masyarakat dan tetap berpedoman pada peraturan.
Diharapkan dengan adanya Gedung Baru berlantai III yang dimiliki CU Karya Bersama dan berada di jalan besar diharapkan masyarakat Delitua tertarik untuk bergabung dalam Koperasi CU Karya Bersama.
Acara peresmian kantor ditandai dengan pembukaan selubung papan nama dan penandatanganan prasasti serta peninjauan kantor dan kata-kata sambutan serta makan bersama dan hiburan.(M15/d)
Sumber: http://hariansib.com/?p=152338

Tidak ada komentar: