Sabtu, 21 Agustus 2010

Kapolsek Delitua AKP Bahtiar Marpaung SH SSos MHum Hadiri Pemakaman Almarhum Brigadir Anumerta Manuel Simanjuntak di TPU Simalingkar B

UPACARA PENYERAHAN: Kapoldasu Irjen Pol Oegroseno memimpin acara penyerahan jenazah Brigadir Anumerta Manuel Simanjuntak kepada Brimobdasu, Jumat (20/8) di rumah duka jalan Luku III Simpang Kuala Medan.
* Keluarga Almarhum : Mendoakan pihak kepolisian dapat menangkap para pelaku penembakan serta menyerahkan diri dan bertobat
* Kapoldasu Irjen Pol Drs Oegroseno hadiri upacara persemayaman di rumah duka
* Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul : Saya yakin pihak kepolisian dapat mengungkap kasus ini.
* Kasat Brimob Poldasu : Almarhum adalah putra terbaik bangsa

Medan (SIB)
Ribuan orang terdiri dari keluarga, kerabat, saudara, serta petugas kepolisian menghadiri pemakaman Brigadir Anumerta Manuel Simanjuntak, Jumat (20/8) sekira pukul 16.00 Wib di TPU Simalingkar B.
Pemakaman yang diawali upacara kepolisian itu dipimpin Irup Kasat Brimob Poldasu Kombes Pol Drs Verdianto I Biticaca MHum, dan pembawa acara Iptu Sarijo SPd. Saat peti jenazah diturunkan ke liang lahat sebagai penghormatan kepada almarhum tembakan salvo mengiringi dan dilakukan acara kebaktian oleh Pdt M Padang dari GKPPD. Usai kebaktian dilanjutkan penaburan bunga dan penimbunan liang lahat secara simbolis yang dilakukan oleh inspektur upacara diikuti para keluarga.

Dalam amanatnya Kasat Brimob Poldasu Drs Verdianto I Biticaca MHum mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian putra terbaik bangsa Brigadir anumerta Manuel Simanjuntak yang gugur dalam menjalankan tugas pengamanan di Bank CIMB Niaga. “Almarhum selalu memegang teguh disiplin dan loyalitas serta dedikasi yang tinggi didalam menjalankan tugas, termasuk mendarma bhaktikan dirinya untuk Republik Indonesia, sehingga sudah sepantas dan selayaknya menjadi suri teladan bagi kita semua, ” katanya. Lebih lanjut ia mengatakan agar keluarga yang ditinggalkan dapat menerimanya dengan lapang dada, karena ini merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Esa. ” Marilah kita mendoakan agar Tuhan mengampuni kesalahan-kesalahan almarhum semoga mendapat tempat yang layak disisiNya, kata Kasat Brimob sembari menghimbau agar kesalahan yang dilakukan almarhum semasa hidup baik sengaja dan tidak sengaja di kehidupan sehari-hari maupun sesama teman dinas dimaafkan.

Sementara itu Bisara Simanjuntak mewakili keluarga almarhum mengucapkan terimakasih kepada Kapolda, Kasat Brimob beserta Satuan Brimob Poldasu atas penyelenggaraan pemakaman almarhum mulai dari awal hingga selesai, serta bantuan yang telah diberikan baik materi maupun moril. ” Kami bermohon agar peristiwa yang menimpa putra kami segera dituntaskan, agar pelaku segera ditangkap. Tidak lupa kami berdoa kepada para pelaku agar segera menyerahkan diri dan bertobat, ” kata Simanjuntak.

Turut hadir dalam upacara pemakaman Brigadir anumerta Manuel Simanjuntak antara lain Kapoltabes Medan Kombes Pol Imam Margono, Den Intel Polda Sumut, KSPN Sampali, Danki III Den C Brimob Poldasu AKP Daulat Simamora, Kapolsek Delitua AKP Bahtiar Marpaung SH SSos MHum, serta jajaran Poldasu, keluarga dan kerabat dari almarhum.

Sebelumnya Kapoldasu Irjen Pol Drs Oegroseno menjadi inspektur upacara saat jenazah almarhum Brigadir Anumerta Manuel Simanjuntak disemayamkan di rumah duka. Upacara persemayaman dilakukan setelah pihak keluarga membacakan pernyataan diikuti oleh Kapoldasu mewakili kepolisian RI dan kemudian jenazah almarhum diserahkan untuk dilakukan upacara pemakaman sesuai dengan tata cara kepolisian RI.

Dalam amanatnya Kapoldasu mengatakan kepolisian RI mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum terlebih-lebih dalam menjalankan tugas sebagai pengamanan bank. Saat ini kita akan mengantarkan jenazah almarhum ke pemakaman umum. ” Kami mohon para hadirin berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kepada keluarga yang ditinggalkan semoga dapat menerima cobaan ini serta tabah menjalaninya, ” kata Kapolda sembari mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan bantuan secara moril dan materil.

Terkait dengan perkembangan kasus perampokan Bank CIMB Niaga tersebut Kapoldasu Irjen Pol Drs Oegroseno didampingi Kabid Humas Kombes Pol Drs Baharudin Jafar saat dikonfirmasi SIB usai upacara persemayaman menyebutkan belum dapat menentukan waktu yang pasti mengungkapkan kasus tersebut. ” Kita tidak boleh mendahului Tuhan untuk bisa memastikan pengungkapan kasus ini, namun saya sudah perintahkan ke jajaran Kapolres agar memantau daerah-daerah termasuk ke pelosok desa. Doakan saja mudah-mudahan dalam waktu singkat kita dapat mengungkapkan kasus ini, katanya singkat sembari berlalu menuju kemobilnya.

Sementara itu Ruhut Sitompul anggota Komisi III DPR RI yang hadir di rumah duka kepada SIB mengatakan dirinya mengaku selalu mengikuti perkembangan kasus perampokan bank CIMB Niaga termasuk yang menimpa Brigadir anumerta Manuel Simanjuntak. ” Saya kan duduk di Komisi III DPR RI termasuk menangani masalah Polri, ” Kata Ruhut Sitompul sembari mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan.Dapat ditambahkan alm dilahrikan di Medan 16 Agustus 1982 anak ke 7 dari 7 bersaudara putra dari alm Muliater Siamnjuntak dan Sinta Malum Br Saragih.(BSK/g)

Tidak ada komentar: