Senin, 21 Mei 2012

Jalan Delitua rusak benar tidak?

Sumber: http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/21/51794/jalan_di_medan_masih_mengkhawatirkan/#.T7rVvNydDfI
Medan, (Analisa). Beberapa jalan di Kota Medan masih terlihat mengkhawatirkan. Pantauan Analisa di beberapa titik di Kota Medan, ruas jalan dengan kondisi yang mengkhawatirkan masih terdapat di kawasan pinggiran atau daerah yang cukup jauh dari pusat kota.


Beberapa kawasan dengan kondisi jalan yang rusak atau mengkhawatirkan tersebut antara lain Jalan Panglima Denai, Kecamatan Medan Denai, Jalan Bunga Asoka, Kecamatan Medan Sunggal, Jalan Mandala By Pass, dan Jalan Deli Tua.
"Memang kalau kita lihat secara keseluruhan bahwa jalan di Medan sudah cukup bagus, tapi itu hanya untuk jalan di bagian kota saja. Sementara di kawasan pinggiran ini masih banyak jalan yang rusak, salah satunya depan gang ini lah, sudah hampir rubuh aspalnya," ujar Elfrida, warga Panglima Denai kepada Analisa, Sabtu (19/5).

(analisa/nirwansyah sukartara) Pengendara Sepeda Motor mengindari
jalan  yang rusak  yang terjadi di Jalan Panglima Denai, Sabtu (19/5).
Jalan yang rusak tersebut disebabkan
dengan pengaspalan yang tidak kuat.
Dia menambahkan, meski jalan tersebut tidak separah beberapa tahun yang lalu, ia juga masih meminta perhatian pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut agar tidak memakan korban. 

"Kalau seperti ini keadaan jalannya kan cukup membahayakan. Pernah waktu lalu, anak-anak muda di sini jatuh tengah malam. Mungkin dia tidak nampak lubang yang ada dengan kendaraan yang cukup kencang sehingga jatuh. Kita kan gak ingin seperti itu," jelasnya.

Harapan lainnya juga dikatakan oleh warga Jalan Bunga Asoka, Kecamatan Medan Selayang, Ningsih.

Dia mengatakan, jalan di Bunga Asoka juga sangat memprihatinkan. "Sebelum jalan ini siap pengaspalan, parah kali jalannya. Abu kendaraan bermotor sampai masuk ke rumah saya. Untungnya saja ini sudah dilakukan pemerintah pengaspalan," ucapnya.

Pengaspalan yang dilakukan pemerintah pada jalan tersebut, berdasarkan pantauan Analisa adalah pengaspalan dengan aspal beton yang cukup tinggi. Saat ini pengaspalan di jalan tersebut bisa dibilang masih dalam proses perbaikan.

"Jalan yang diaspal masih sebahagian. Sementara masih ada sebagian di Jalan Bukit Asoka yang belum teraspal," katanya.

Aspal Tinggi

Berbeda dengan jalan rusak yang berada di Medan Denai, dan Medan Selayang. Jalan rusak yang ada di Jalan Mandala By Pass, yang sebelumnya rusak parah telah dilakukan pengaspalan beton. Pantauan Analisa di jalan tersebut, pengaspalan dilakukan setinggi trotoar .

"Ini sudah diaspal sama pemerintah. Tapi sama saja, kalau hujan masih saja jalan ini terjadi banjir. Karena di jalan ini tidak ada selokannya. Maunya pemerintah membuat selokan atau parit juga di jalan ini. Jadi kalau hujan kemungkinan banjir tidak ada," ujar warga Gang Pukat II, Jhoni.

Jhoni juga mengatakan, perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah di jalan tersebut menimbulkan kemacatan panjang. Mengingat sebagian jalan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor. (ns)

Tidak ada komentar: