Jumat, 17 Juni 2011

Minggu, Luang Phor Jamnean Seelassettho Bicara Dhamma di Vihara Buddha Ramsi


Medan, (Analisa)
YM Luang Phor Jamnean Seelassettho dari Krabi Thailand akan tampil pada acara Dhamma Talk yang digelar Pengurus Vihara Buddha Ramsi, Minggu (19/6) pukul 18.00 - 21.30 WIB di pelataran vihara tersebut Jalan Kebun Sayur No 13 Delitua.
Dhamma Talk bertema "Building Wisdom and Metta Dhamma atau Membangun Kebijaksanaan dan Cinta Kasih melalui Kebenaran" itu akan dihadiri sekitar 1000 umat Buddha.
Ketua Yayasan Vihara Buddha Ramsi, Pandita Burhan SAg, MSi didampingi Ketua Umum Pelaksana Kegiatan, Roland Tanpis dan Salim serta Gannudin/Gan Chin Huat kepada Analisa, Kamis (16/6) di Medan.
Pandita Burhan menjelaskan kegiatan itu bertujuan memberikan pencerahan kepada umat manusia tentang kebijaksanaan dan cinta kasih melalui ajaran Buddha Dhamma dan berdoa untuk keselamatan dan kebahagian bangsa Indonesia.
Kehadiran YM Luang Phor Jamnean Seelassetho di Vihara Buddha Ramsi adalah bagian dari roadshow keliling Indonesia mulai dari Jambi, Medan, Brastagi, Banda Aceh, Sabang, Tanggerang, Jakarata, Borobudur, Kediri, Surabaya, Makasar, Menado, Sorong dan Gorontalo.
Diceritakannya, YM Luangpor Jamnean Seelasettho berusia 75 tahun dan 54 vassa lahir di Provinsi Nakhonsridhumararth pada 1 Mei 1936 (2479 BE). Sejak usia 5 tahun, ayahandanya, Tuan Peth yang juga seorang pemenditasi handal mengajarkan Luangpor Jamnean Seelasettho untuk bermeditasi.
Gua Harimau
Di usia 20 tahun,ditahbis menjadi Bhikkhu dalam tradisi Theravada dan selama menjadi Bhikkhu, Luanpor dilatih meditasi Vipassana oleh Ajahn Dhammadaro di Wat Tow Kote. Setelah menjalankan Bikkhuan selama 17 tahun, Luanpor pindah ke sebuah desa kecil di Provinsi Surat Thani yang biasa disebut Ban Na San.
"Di sana beliau hanya sebentar belajar meditasi dan kemudian pindah ke Krabi Thailand Selatan dan disitulah dia menemukan Tum Sua/Gua Harimau. Tahun 1975, YM Luang Phor Jamnean Seelassettho kemudian mendirikan vihara dengan nama menakjubkan yakni Gua Harimau," ungkap Pandita Burhan.
YM Luang Phor Jamnean Seelassettho.lanjutnya dikenal di mancanegara sebagai "The Twelve of Buddhist Master for Teaching Meditation" karena setiap tahun rutin mengajarkan dhamma dan meditasi kepada kelompok buddhis seperti di California, Chicago,Malaysia, India, Myanmar, Singapura, Jerman dan Inggris. "Untuk kami mengimbau kepada umat Buddha untuk hadir guna suksesnya acara tersebut,"jelas Pandita Burhan.
Ditambahkannya, pada acara tersebut juga akan hadir Pembimbing Masyarakat Buddha Kanwil Kementerian Agama Provsu, Ketut Supardi, SAg, MSi, Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Sumut, Oni Hendra Kusuma serta sejumlah tokoh Buddhis lainnya seperti Fadil Srinaga, Toni Tukimin, Gannudin/Gan Chin Huat, Tamin, Abok Simbai, Ayong Ekajaya, Sunario, Amrin Susilo Halim serta tiga Bhikkhu Sangha dari Jakarta dan beberapa Bhikkhu Sangha dari Medan. (twh)

Tidak ada komentar: