Selasa, 21 Juni 2011

700 Umat Buddha Hadiri Dhamma Talk di Vihara Buddha Ramsi Delitua


Delitua, (Analisa)
Buddha Ramsi
Sekira 700 umat Buddha menghadiri acara Dhamma Talk yang disampaikan YM Luang Phor Jamnean Seelassettho dari Krabi Thailand di Vihara Buddha Ramsi Jalan Kebun Sayur, Delitua, Minggu (19/6) malam.
Sebelum Dhamma Talk dimulai Ketua Panitia Roland Tanpis menyampaikan laporannya yang mengatakan, tema Dhamma Talk kali ini "Membangun Kebijaksanaan dan Cinta Kasih Melalui Dhamma".
Dirinya mengucapkan terima kasih kepada YM Luang Phor Jamnean Seelassettho dan para Bhikkhu di mana kita ketahui jadwalnya cukup padat, tetapi beliau masih menyempatkan hadir untuk memberikan Dhamma Talk di Vihara Buddha Ramsi ini.
Dikatakannya, tujuan diselenggarakan kegiatan Dhamma Talk, agar umat Buddha lebih dalam dan bisa mempraktekkan dhammanya dalam kehidupan sehari sesuai dengan tema tadi.
Sedangkan, Pembimbing Agama Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provsu Ketut Supardi S. Ag MSi dalam sambutannya, menyambut baik diadakannya Dhamma Talk di Vihara Budhha Ramsi ini. Dan juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Buddha Ramsi atas ide-ide untuk memberikan Dhamma Talk, apalagi yang pada malam ini acara Dhmma Talk dihadiri YM Luang Phor Jamnean Seelassettho.
Berkah yang Mulia
Dia mengungkapkan, bagi umat Buddha mendengarkan Dhamma merupakan berkah yang mulia. Karena kita bila semakin mendalami dan memahami tentang ajaran agama Buddha, dhama itu sendiri, maka akan terjadi perubahan mental yang tadi masih buram.
"Mudah-mudahan dengan mendengar dhamma nantinya kita semakin cerah dan cemerlang serta dapat mengembangkan cinta kasih dan kasih sayang di kehidupan sehari-hari," tandasnya.
Usai mememberikan kata sambutannya, Supardi membuka acara Dhamma Talk tersebut. Acara diawali dengan menyungguhkan tarian penyambutan oleh anak-anak Sekolah Minggu Buddhis Dhamma Mitta. Kemudian pembacaan doa pembuka. Selanjutnya ceramah Dhmma Talk yang disampaikan YM Luang Phor Jamnean Seelassettho.
Dalam Dhamma Talk itu, YM Luang Phor Jamnean Seelassettho menceritakan kehidupannya sejak usia 5 tahun telah mempratekkan dhamma dan bermeditasi yang diperolehnya dari ayahandanya. Hingga beliau usia 20 tahun, ditahbiskan sebagai Bhikkhu dalam tradisi Theravada.
Dalam dhammanya, beliau mengajarkan cinta kasih melalui ajaran Buddha Dhamma. Karena dengan cinta kasih itu dapat menolong dan memiliki manfaat yang luar biasa. "Kalau kita menjalankan itu dunia akan aman dan damani," ucapnya.
Hadir dalam kegiatan Dhamma Talk itu antara lain Bhikkhu Sangha dari Jakarta dan Bhikkhu dari Medan, MBI Sumut, Ketua Yayasan Vihara Buddha Ramsi Pandita Burhan, S. Ag, M.Si. (bara)
http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=99135:700-umat-buddha-hadiri-dhamma-talk-di-vihara-buddha-ramsi&catid=1041:21-juni-2011&Itemid=217
Sumber: 

Tidak ada komentar: