Senin, 12 September 2011

Puting Beliung di kel. Mekar Sari dan Delitua Barat



http://beritasore.com/2011/09/12/korban-puting-beliung-di-deli-tua-terima-bantuan/ Sumber: 



DELITUA (Berita) : Pemerintah Kabupaten menyerahkan kembali memberi bantuan kepada 59 kepala keluarga (KK) korban angin puting beliung yang terjadi di Kelurahan Deli Tua Barat dan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua yang terjadi Selasa (6/9) sore yang lalu, menerima bantuan tali kasih berupa uang di Aula Kantor Kelurahan setempat dari Pemkab Deliserdang yang diserahkan Wakil Bupati H Zainuddin Mars, didampinggi Kadis Sosial Josia Gurusinga, Camat Delitua Drs Edy Yusuf, Kabag Pelayanan Sosial Darwin Surbakti SE, Jumat (9/9).
Bantuan dalam bentuk uang tunai tersebut diserahkan kepada para korban dengan rasa haru, yang dialokasikan kepada rumah rusak berat, sedang dan rumah rusak ringan. Pemberian bantuan tersebut merupakan tambahan dari yang sebelumnya bantuan pada tahap awal kepada para korban telah diserahkan berupa Beras, Ikan kaleng, Saos cabe dan Kecap, Mie instan,Minyak goreng, Makanan tambahan untuk Balita dan Makanan siap saji (roti) serta Tenda untuk kepeluan dapur umum dan keperluan lainnya
Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars dalam sambutannya meminta agar warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung dapat sabar dan tawaqal menerima musibah yang merupakan hal yang tidak dapat diduga dan ditolak karena kehendak dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
“ Musibah angin puting beliung yang selalu melanda Kabupaten Deliserdang secara umum dan khususnya wilayah kecamatan Delitua ini agar selalu diwaspadai karena Kabupaten Deli Serdang semacam langganan untuk angin putting beliung, dalam waktu beberapa bulan saja angin putting beliung sudah mengenai beberapa kecamatan di Deli Serdang, seperti di Kecamatan Hamparan Perak, Percut Sei Tuan, Labuhan Deli, Namorambe, Patumbak, ”kata H Zainuddin.
Jadi kita harus bersabar atas musibah yang kita terima ini, kesemua ini adalah kehendak dari Yang Maha Kuasa, mudah-mudahan bapak/ibu yang terkena musibah agar bias menerima kondisi ini dengan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Wabup H Zainuddin Mars mengharap agar warga tidak melihat besarnya nilai bantuan yang diberikan,tetapi merupakan bentuk kepedulian kepada seluruh warga yang mengalami musibah, untuk dapat meringankan kerugian yang dialami.
Sementara itu Kadis Sosial Drs Josia Gurusinga menjelaskan,bencana alam angin puting beliung yang terjadi Selasa (6/9) sore yang lalu melanda wilayah Keluarahan Deli Tua Barat dan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua mengakibatkan sebanyak 59 unit bangunan rumah warga masing-masing 58 unit rumah di Kelurahan Deli Tua Barat dan 1 unit rumah di Desa Mekar Sari mengalami kerusakan.
Di Kelurahan Deli Tua Barat, dari 58 bangunan rumah tempat tinggal warga yang diterjang angin puting beliung tercatat 16 bangunan rumah mengalami kerusakan berat,23 unit rusak ringan dan 19 rusak sedang. Sementara di Desa Mekar Sari angin puting beliung menerjang 1 unit bangunan rumah warga hingga mengalami kerusakan ringan.
Untuk korban yang rumahnya mengalami rusak berat diberi bantuan Rp 2 juta sedangkan yang rumahnya rusak ringan/sedang diberi bantuan Rp 1 juta. (jmc)

Tidak ada komentar: