Selasa, 21 September 2010

Balai Desa Kelurahan Delitua Barat mengadakan pelatihan dasar pekerja sosial masyarakat yang digelar Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM) Sumut

Delitua,(Analisa)

Sebanyak 50 peserta se Kabupaten Deli Serdang mengikuti pelatihan dasar pekerja sosial masyarakat yang digelar Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM) Sumut di Balai Desa Kelurahan Delitua Barat, Selasa (21/9).

Ketua FKPSM Sumut Ir Erliyanto Harahap AmAka memberikan berbagai materi dasar tentang tata cara untuk bisa bergabung dalam pekerja sosial masyarakat di wilayahnya masing masing.

Ia mengatakan, setiap peserta harus siap dan memiliki keikhlasan tanpa pamrih untuk menjadi pekerja sosial masyarakat di desa, kota maupun tingkat nasional serta mampu menggalang rasa gotong royong, tolong menolong antar sesama tanpa imbalan.

Ada tiga tugas pokok yang harus dijalankan para insan pekerja sosial yakni, bisa memotivator, sebagai dinami sator dan mampu menfasilitator.

Erliyanto mengatakan, menjadi pekerja sosial masyarakat (PSM) itu harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang baik dan jangan asal bicara melulu. Tunjukkan sebagai insan PSM mampu terjun di tengah tengah masyarakat untuk membantu berbagai kesulitan atau penderitaan yang dikeluhkan mereka.

Bila terjun ke masyarakat harus memimili dedikasi yang tinggi, tidak digaji tetapi harus siap melayani, melakukan pendataan terhadap para tokoh masyarakat lingkungan sekitar dan lainnya, katanya.

Sebagai pelayan masyarakat, katanya, antara lain harus tanggap terhadap nasib anak terlantar, yatim piatu maupun fakir miskin, warga jompo, perumahan warga tidak layak huni yang perlu dibantu.

"Semuanya itu memerlukan kebersamaan, kekompakan yang berkaitan dalam masalah sosial masyarakat dan kesejahteraanyta," ujarnya. (re/abah)

Tidak ada komentar: