Sabtu, 07 Agustus 2010

Menakertrans Muhaimin Iskandar meninjau lokasi belajar di STIKes Deli Husada

Delitua, (Analisa)

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Drs HA Muhaimin Iskandar MSi mengatakan, sesuai data BPS Desember 2009 penduduk Indonesia 230,63 juta jiwa. Dari jumlah itu, 116 juta jiwa angkatan kerja yang berarti bertambah 2,17 juta jiwa dibanding angkatan kerja pada Agustus 2009 sebesar 113.83 juta jiwa. Tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2010 mencapai 7,41 persen yang mengalami penurunan dibanding Agustus 2009 sebesar 7,87 persen.

Namun perbaikan ekonomi makro Indonesia dan penurunan tingkat pengangguran masih belum dapat menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan, kata Menakertrans HA Muhaimin Iskandar saat menghadiri penandatanganan MoU antara PT Galang Insan Mandiri dengan STIKes Deli Husada di aula STIKES Deli Husada Delitua, Rabu (4/8).

Dikatakan, hal itu terbukti dengan adanya penurunan daya serap pertumbuhan ekonomi terhadap tenaga kerja dari 400.000 tenaga kerja per satu persen menjadi hanya sekitar 200.000 tenaga kerja per satu persen, di mana salah satu penyebab utama dari keadaan itu adalah basis perekonomian rakyat seperti pertanian, industri pengolahan dan jasa yang seharusnya menjadi basis pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja belum memenuhi harapan.

Kondisi itu memaksa penduduk terutama kelompok miskin harus bekerja apa saja untuk mempertahankan hidupnya bahkan sampai keluar negeri.

Fakta mengatakan ada sekitar 3.043.927 TKI bekerja di luar negeri. Data Kemenakertrans dan BNP2TKI tahun 2010 menyebutkan TKI yang bekerja keluar negeri sekitar 80 persen TKW dengan jenis pekerjaan 72 persen pada sektor informal (domestic workers) dan sisanya bekerja pada sektor formal, kata Menakertrans HA Muhaimin Iskandar.

Menakertrans pada kesempatan itu meninjau lokasi belajar di STIKes Deli Husada sekaligus meresmikan Laboratorium Bahasa STIKes Deli Husada dengan menandatangani prasasti.

Penandatanganan MoU antara Ir Yudhi Ismayadi,MM dari PT Galang Insan Mandiri dengan Drs Johannes Sembiring,MPd Ketua STIKes Deli Husada Delitua dan dr Arif Sudjatmiko Wakil Direktur RS Grand Medistra Lubukpakam disaksikan Menakertrans dan Ketua STIKes Johannes Sembiring mengaku bahagia atas kehadiran Menakertrans pada kegiatan itu.

Pada kesempatan itu, Menakertrans,Gubsu diwakili R Tambunan,SH MM dan Bupati Deliserdang Drs H Amri Tambunan diulosi oleh pihak Yayasan Pendidikan Deli Husada. (sk)
Sumber:   analisadaily

Tidak ada komentar: