Kamis, 07 Oktober 2010

Sambungan Baru Listrik disediakan PT PLN untuk kawasan Delitua


PLN Cabang Lubuk Pakam Penuhi Permintaan 10 Ribu Sambungan Baru.

HLN KE-65, PT PLN GELAR GERAKAN SEHARI SEJUTA SAMBUNGAN
Deli Serdang (SIB)
PT PLN Cabang Lubuk Pakam bakal memenuhi permintaan 10 ribu penyambungan baru untuk daya dibawah 6.600 VA yang merupakan bagian dari “Gerakan Sehari Sejuta Sambungan” terkait Hari Listrik Nasional (HLN) ke-65, 27 Oktober mendatang.

Untuk Wilayah Sumatera Utara, PT PLN menyediakan 52 ribu-55 ribu penyambungan baru, ujar Kepala Cabang PT PLN Lubuk Pakam, Wahyu Nugroho, Rabu (6/10) di ruang kerjanya. Sementara di seluruh Indonesia dicanangkan sejuta pemasangan baru pada HLN ke-65 mendatang.

Pada HLN nanti, PLN Cabang Lubuk Pakam mendapatkan jatah 10 ribu pemasangan baru yang akan disalurkan melalui ranting yang dibawahinya seperti Lubuk Pakam, Delitua, Pancur Batu, Medan Denai, Tanjung Morawa, Perbaungan, Sei Rampah dan Galang.

Dijelaskannya, PLN juga sudah secara transparan mengumumkan seluruh biaya pemasangan baru, baik yang dilayani PLN seperti biaya penyambungan (BP), dan uang jaminan langganan (UJL). Untuk Listrik 450 VA – 2200 VA dengan biaya Rp.382.290-Rp.1.931.600. Demikian pula biaya lain yang menjadi wewenang Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) berupa biaya pemasangan instalasi dan jaminnan instalasi serta sertifikat laik operasi dari Konsuil (Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik) diharapkan dikutip dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Dari 10 ribu pelanggan yang ditargetkan, sejak awal Oktober kemarin sudah ada sekitar 1.268 sambungan yang dipasang. Diharapkan masyarakat bisa menikmati sambungan listrik hingga 27 Oktober mendatang. Di PLN Cabang Lubuk Pakam sendiri, sudah 86 persen rakyat menikmati fasilitas listrik. Target PT PLN nantinya pada HLN ke-75, seluruh rakyat Indonesia sudah menikmati fasilitas listrik tanpa kecuali, ujarnya lagi.
Secara umum tidak ada pembatasan pelanggan dalam program ini. Namun diutamakan pelanggan yang ingin memasang dibawah 6.600 VA, sementara untuk yang tingkat besar juga akan dilayani dengan catatan menyangkut masyarakat banyak. Guna meningkatkan pelayanan, PT PLN Cabang Lubuk Pakam juga membuka kantor pada hari Sabtu. Saat ditanya SIB, Wahyu juga menegaskan bertambahnya sambungan baru itu tidak akan mempengaruhi pasokan listrik. “Bertambahnya pemasangan baru, sudah diperkirakan dengan pasokan listrik dari pembangkit listrik di Labuhan Angin dan Asahan 1,” ujar Wahyu lagi.

Masyarakat diharapkan memanfaatkan kesempatan ini, karena pemasangan baru segera dilayani. Masyarakat juga diharapkan tidak segan-segan menghubungi pihaknya kalau mendapati pelayanan yang tidak baik dari para pegawai PLN. Bagi masyarakat yang “terpaksa” mencuri listrik karena tidak mendapat pemasangan listrik, diharapkan segera melapor dan akan diberi pemasangan baru, ujarnya mengakhiri. (M-32/s)


PLN Cabang Lubukpakam Akan Layani 10.000 Pelanggan Baru
Lubukpakam, (Analisa)
PLN Cabang Lubukpakam dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional (HLN) ke-65 yang jatuh pada 27 Oktober 2010 akan melayani 10.000 pelanggan baru listrik terutama untuk rumah tangga dengan daya 450-2200 VA.

Kepala PLN Cabang Lubukpakam Wahyu Nugroho kepada Analisa diruang kerjanya Jalan Diponegoro Lubukpakam, Rabu (6/10) mengatakan sehubungan dengan peringatan HLN tahun ini dengan jargon "gerakan sehari sejuta sambungan" PLN Cabang Lubukpakam yang membawahi PLN Ranting Medan Denai, Pancurbatu, Delitua, Tanjungmorawa, Lubukpakam, Perbaungan,Sei Rampah dan Galang mendapat target 10.000 pemasangan baru hingga 27 Oktober 2010 mendatang.

Untuk itu, guna pencapaian target 10.000 pemasangan baru yang diamanahkan pimpinan maka pihaknya bertekad akan memberikan pelayanan terbaik dan memberi kemudahan kepada pelanggan yang akan melakukan pemasangan baru dan telah memenuhi persyaratan yang layak dengan langsung mengoperasikan aliran listrik yang diinginkan.

Dikatakan,untuk biaya pemasangan listrik baru dengan daya 450-2200 VA sebesar Rp.382.290-Rp.1.931.600 tidak termasuk biaya pemasangan instalasi serta Sertifikat Light Operation (SLO) yang dikeluarkan oleh Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil)

Berdasarkan sinyalemen, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang dengan terpaksa menggunakan listrik secara tidak sah dan untuk jalan keluarnya kepada keluarga yang sebelumnya melakukan itu diimbau untuk segera menghubungi Ranting PLN maupun langsung ke PLN Cabang Lubukpakam untuk mendapatkan keabsahan pemakaian listrik melalui pemasangan baru secara sah.

Untuk pemasangan baru, petugas PLN tidak akan meminta bayaran diluar Biaya Penyambungan dan Uang Jaminan Pelanggan (BPUJL) yang telah ditetapkan dan bila masyarakat mengetahui ada petugas PLN dalam pemasangan baru meminta pembayaran diluar BPUJL, segera laporkan ke PLN Ranting maupun ke PLN Cabang Lubukpakam untuk ditindaklanjuti secara tegas karena PLN sekarang ingin menunjukkan perubahan dengan meninggalkan gaya lama mulai dari pelayanan hingga teknologi yang digunakan, tegas Wahyu Nugroho. (sk)

Tidak ada komentar: