Jumat, 18 Februari 2011

Bukti di Gg. Melati I, Melati II, Pisang, Sungai Deli, Setia Ujung, Famili, Lamboyan, Dahlia Tengah, Tanjung, Durian Dusun II dan Siti Fatimah desa Suka Makmur yang maju oleh Kades Darwin Effendi Siregar, BA

Kades Suka Makmur Darwin Effendi Siregar Tempat Pengaduan Warga

DELITUA (Berita): Kades Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Darwin Effendi Siregar, BA berpendapat hidup adalah perjuangan, pro dan kontra itu sudah logis, itulah dikatakan hidup. Bukan satu jalan ke Roma, bercorak ragam cara manusia menempuh jalan hidup. Tapi berkat perjuangan dan kerja keras.

Kades Desa Suka Makmur Darwin Effendi Siregar, BA yang sudah banyak berbuat tentang pengembangan wilayah desa agar Desa Suka Makmur semakin berkembang dari sudut pembangunan. Sehingga ia mengajak warga masyarakat untuk bekerja sama yang baik, untuk pengembangan visi dan misi agar wilayah tersebut dapat berkembang. Dari sudut pembangunan itulah yang sedang dikembangkan di wilayah Desa Suka Makmur.

Kades Darwin Effendi Siregar, BA menggalakkan kembali aktivitas masyarakat bergotong royong dari sudut pembenahan parit, agar jalan air lancar dan juga tentang membuang sampah pada tempatnya sebagai motivasi agar wilayah tetap bersih sehingga melahirkan kesehatan warga, jauh dari pada penyakit demam berdarah.

Dalam hal pembersihan wilayah Kades Darwin Effendi Siregar, BA berfikir positif mengajak warga masyarakat bekerja sama dengan LKMD dan BPD (Badan Permusyawarahan Desa) dan Karang Taruna dan beserta kelompok masyarakat (POKMAS) yang sudah dilaksanakan di Delapan Dusun, yang sudah tercipta semuanya dalam pelaksanaan kerja desa. Melahirkan konsep kebersamaan sebagai penerapan dari perangkat desa yang semakin berkembang. Sebagai visi dan misi dari sudut pembangunan untuk pengembangan Desa Suka Makmur juga PNPM Mandiri Perkotaan, sejalan dengan konsep Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) yang digalakkan Bupati Deli Serdang Drs. H. Amri Tambunan, sehingga terciptalah Desa Suka Makmur yang bersih dengan adanya pembenahan riol parit di wilayah Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua.

Semua itu berkat kerja keras Kades Darwin Effendi Siregar, BA, yang mengkoordinir wilayah desa. Sudah mulai nampak hasil kerja keras mereka selama Darwin Effendi Siregar, BA menjadi kades, yaitu adanya pembenahan riol parit dan pengecoran yang telah dilaksanakan PNPM seperti pembenahan riol parit Gang Melati I, Gang Melati II, Gang Pisang, Gang Sungai Deli, Gang Setia Ujung, Gang Famili, Gang Lamboyan, Gang Dahlia Tengah, Gang Tanjung, Gang Durian Dusun II dan Gang Siti Fatimah. Sebagai pekerja pembenahan riol adalah swadaya masyarakat.

PNPM dan BKM bergerak dalam pengembangan Desa Suka Makmur dari sudut pembangunan dan kelompok swadaya masyarakat semasa tahun 2010 yang dilaksanakan PU Cipta Karya dari tingkat II adalah merupakan APBD.

Amri Tambunan mendukung program wilayah Desa Suka Makmur lewat Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM), sudah mulai nampak jalan mulus dan terciptalah dari sudut pembangunan. Sebagai desa percontohan, seperti pengerasan dan pengaspalan jalan tembus Gang Dahlia sampai Gang Seroja. Pelaksanaan itu tahun 2008 yang diresmikan oleh Bupati Deli Serdang Drs. H Amri Tambunan sehingga masyarakat merasa bangga dengan karakter pembangunan yang dilaksanakan Bupati.

Bidang keterampilan kaum wanita seperti opak sudah menjadi barang ekspor ke Malaysia sehingga orang Malaysia merasa kagum dengan mutu industri rumah tangga yang harus lebih berkembang lagi. Juga mengenai keterampilan lain kaum wanita yang semakin berkembang di Desa Suka Makmur, seperti pembuatan kerupuk dan tape yang terbuat dari ubi sehingga Kades mengharapkan kegiatan ini melahirkan kerja sama dalam membantu program pemerintah untuk mewujudkan pembangunan di wilayah Desa Suka Makmur.

Sehingga Dinas Sosial Deli Serdang dapat membantu pengembangan industri. Pada umumnya di Desa Suka Makmur kehidupan warga masyarakatnya sebagai pedagang, karyawan pabrik dan wiraswasta. Dan warga masyarakatnya sebanyak 2500 kk, 10.000 penduduk, sedangkan PKK Kesejahteraan keluarga yang dilaksanakan oleh kaum ibu yang diketuai oleh Ny. Jumiati menggalakkan keterampilan kaum wanita seperti perwiritan, pengajian akbar dan arisan setiap bulan. Untuk pengembangan ibu-ibu PKK, Posyandu lansia bekerja sama dengan puskesmas Deli Tua. Sehingga nampaklah kemajuan desa dari sudut kesehatan di wilayah Desa Suka Makmur. (pn)
Sumber: beritasore

Tidak ada komentar: