Minggu, 12 Desember 2010

Ketua TP-PKK Kecamatan Delitua dilantik

19 Ketua TP-PKK Kecamatan Dilantik
www.analisadaily.com
Sumber : analisadaily
Ketua TP-PKK Deliserdang Ir Hj Anita Amri MBA melantik 19 Ketua TP-PKK Kecamatan di gedung Serba Guna PKK komplek kantor bupati Lubuk Pakam, Kamis (9/12).

Pelantikan dihadiri Bupati Deliserdang Drs H Amri Tambunan selaku Ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten, Sekdakab Drs H Azwar S, MSi, Wakil Ketua TP-PKK Hj Asdiana Zai,Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Fauziah Azwar, Ketua GOW Sri Rahmawati Barus,Kepala Kantor Kementerian Agama Drs HM Adlin Damanik MAP, sejumlah pimpinan SKPD dan Camat.

Ketua TP-PKK Hj Anita Amri dalam pidato pelantikannya mengatakan dalam kurun waktu 38 tahun gerakan PKK masih tumbuh dan berkembang menyesuaikan diri terhadap era yang dilalui dan kelembagaan PKK hasil Rakernas-VI tahun 2005 menganut prinsip fungsional mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa/kelurahan.

Oleh karenanya, siapapun yang menjabat sebagai Camat maka secara fungsional dia akan menjabat sebagai Ketua Dewan Penyantun PKK Kecamatan dan kepada ketua TP-PKK Kecamatan yang baru ditekankan agar terus belajar tentang 10-Program Pokok PKK.

Ditambahkan,tatkala masyarakat dihadapkan pada dinamika permasalahan kesehatan seperti gizi buruk, demam berdarah, diare dan kebutuhan lain yang harus diatasi maka PKK harus peka dan jeli terhadap persoalan yang sedang berkembang tersebut.

PKK harus mengatur langkah dan menyingsingkan lengan bersama instansi terkait dalam memperhatikan dan menghidupkan kembali Posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat termasuk peningkatan gizi dan pertumbuhan balita dari waktu ke waktu, kata Ketua TP-PKK Hj Anita Amri.

Ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten Drs H Amri Tambunan menegaskan gerakan PKK merupakan tuntutan kebutuhan nasional dimana ada empat poin tujuan nasional sesuai UUD 1945 diantaranya menegakkan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan turut serta memelihara kedamaian dunia.

Jadi pemerintah tetap mengacu kepada empat poin tersebut meski ada yang masih belum terpenuhi pemerintah tetap mencari solusinya.

Sebenarnya ada kekuatan bangsa di setiap wilayah berupa penghormatan kepada kaum ibu dimana jika hal itu dapat diberdayakan akan sangat membantu pemerintah dalam menghadapi tantangan yang di hadapi.

Untuk itu,kepada kaum ibu diajak untuk memahami dan menggali potensi yang ada terutama di lingkungan keluarga hingga akan diketahui apa saja yang harus digerakkan karena potensi itu dapat disinergikan dengan pemerintah.

Ketua TP-PKK harus dekat dengan pemerintah dan masyarakat hingga kalau ditemui kemacetan maka pemerintah dan masyarakat akan ikut dan merasa bertanggung jawab.

Kepada pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai perpanjangan tangan Bupati diminta dapat membuat berbagai program guna membangun dan memahami 423.000 kepala keluarga di kabupaten itu sedang kepada Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan diminta harus dapat menggali potensi warganya hingga dapat digerakkan.

Jika potensi warga di bidang pertanian pertemukanlah mereka dengan Dinas Pertanian dan jika potensi di bidang perikanan pertemukan mereka dengan Dinas Perikanan begitu juga dengan potensi lainnya, kata Ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten Drs H Amri Tambunan.

Ketua TP-PKK yang dilantik adalah Ketua TP-PKK Kecamatan Beringin, Percut Seituan, Labuhandeli, Batangkuis, Hamparanperak, Patumbak, Pagar Merbau, Sunggal, Lubukpakam, Delitua, Tanjungmorawa, Kutalimbaru, Pantailabu, Namorambe, Sibolangit, STM Hilir, Pancurbatu, Sibirubiru dan Gunungmeriah. (sk)

Tidak ada komentar: