Jumat, 19 November 2010

Masyarakat Karo Kecamatan Delitua pesta muda-mudi Delitua

Friday, 19 November 2010 22:11

20 November pesta muda-mudi Delitua
Warta
ROMI IRWANSYAH
Koresponden Pemerintahan & Politik
WASPADA ONLINE

DELITUA - Masyarakat Karo Kecamatan Delitua akan menggelar, Gendang Guro-Guro Aron (pesta muda-mudi-red), Sabtu, 20 (11) di Jambur Stargin Pajak Delitua. Panitia menghadirkan artis Karo Keleng Barus berpasangan dengan Anita br Sembiring dan artis lainnya untuk menghibur masyarakat yang datang ke jambur itu

Ketua Panitia Gendang Guro-Guro Aron Masyarakat Delitua, Gatot Ginting, didampinggi Wakil Ketua Thomas Darwin Sembiring, mengatakan, “Guro-guro aron berasal dari dua kata, yaitu, guro-guro dan aron. Guro-guro berarti hiburan atau pesta, sedangkan aron berarti muda-mudi. Jadi guro-guro aron adalah suatu pesta muda-mudi yang dilaksanakan berdasarkan adat dan kebudayaan Karo, dengan memakai musik karo dan perkolong-kolong,” jelas Gatot malam ini.

Menurut Gatot, digelarnya “Gendang Guro-Guro Aron” ini, selain untuk hiburan juga untuk melestarikan seni budaya Karo yang diwariskan oleh orangtua terdahulu sehingga para muda-mudi juga tetap belajar tentang adat Karo. “Misalnya bagaimana cara ertutur, mana yang boleh teman menari, mana yang boleh menurut adat atau mana yang tidak boleh dilakukan dan lain-lain,” ungkap Gatot.

Selain itu, sambung Gatot, dengan diselenggarakannya guro-guro aron ini, tentunya para muda-mudi, yakni anak perana dan singuda-nguda belajar tata rias (metik) guna mempercantik diri. Artinya, mereka belajar membuat tudung atau bulang-bulang dan lain sebagainya. Bahkan, anak perana dan singuda-nguda juga belajar etika atau tata krama pergaulan hidup dengan sesamanya.

“Hebatnya lagi, digelarnya guro-guro aron ini juga dimaksudkan sebagai arena cari jodoh bagi anak perana dan singuda-nguda. Karena itu adakalanya pelaksanaannya didorong oleh orang-orang tua, karena melihat banyak perawan tua dan lajang tua di kampungnya,”tandas Gatot seraya berharap semua masyarakat Karo, dimanapun berada untuk datang ke Jambur Stargin Delitua, untuk menyaksikan hiburan gratis ini sembari mempererat ikatan silaturrahmi sesama warga Karo dan suku lainnya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat08/wol)

Sumber: waspada

Tidak ada komentar: